Pertanyaan Interview CPNS

Saya diterima menjadi PNS atau sekarang disebut ASN pada tahun 2009 sehingga ada perbedaan sistem rekrutmen PNS saat itu dan sekarang. Ketika saya dinyatakan masuk ke tahapan tes wawancara, saya langsung menghubungi teman saya yang saat itu sudah bekerja sebagai PNS di salah satu Kementrian dan meminta sejumlah saran dan masukan dari teman saya tersebut.

Jawab Pertanyaan Interview CPNS

Hal-hal yang disampaikan oleh teman saya tersebut adalah

  1. Pelajari tentang tugas dan fungsi (TUPOKSI) dari lembaga pemerintah tersebut. Kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan oleh lembaga pemerintah itu yang dapat dilihat di halaman website lembaga tersebut dan saya disuruh mempelajari aspek hukum dan peraturan undang-undang terkait dengan TUPOKSI lembaga tersebut.
  2. Saya disuruh memotong rambut dan menyisir rambut saya agar terlihat rapi, saat itu rambut saya agak gondrong dan berantakan.
  3. Saya disuruh berpakaian yang rapi. Kemeja harus lengan panjang bewarna putih, pakai dasi dan celana bahan bewarna hitam. Harus terlihat rapi dan klimis. Jangan terlihat kumal.
  4. Teman saya menyampaikan ketika sudah masuk ke ruangan interview, tutup pintu dengan pelan lalu jangan langsung menuju kursi tempat duduk. Berdiri sebentar setelah menutup pintu dan tunggu sampai disuruh duduk.
  5. Matikan HP.
  6. Ketika ditanya, jawab dengan singkat dan jelas serta jangan bersikap sok pintar atau menggurui atau mengajak beradu argumen. Saya diberitahu, bahwa yang akan menginterview itu biasanya adalah pejabat Eselon II atau bahkan Eselon I yang keputusannya pasti akan didengar dan dipertimbangkan oleh tim seleksi.
  7. Teman saya mengingatkan saya bahwa jika ditanya ” apakah anda mendukung Pemerintah ? ” saya harus menjawab ” saya mendukung segala kebijakan Pemerintah dan siap untuk melaksanakan seluruh kebijakan Pemerintah “.

wawancara cpns

Ketika Interview, saya masih ingat dengan jelas, hal-hal berikut ini yang ditanyakan

  1. Saya diminta untuk menjelaskan skripsi yang saya buat ketika kuliah.
  2. Saya diminta untuk menjelaskan apa yang saya ketahui tentang program dan kebijakan lembaga yang saya lamar untuk bekerja sebagai PNS.
  3. Saya ditanya apakah saya bisah berbahasa Inggris. Setelah saya jawab bisa, salah satu pejabat tersebut menginterview saya dengan bahasa inggris.
  4. Saya ditanya apakah ketika kuliah saya pernah ikut demo yang biasa dilakukan mahasiswa. Saya jawab saya tidak pernah, walaupun faktanya saya ketika mahasiswa dulu sering ikut demo menentang pemerintah.
  5. Saya ditanya apakah bersedia ditempatkan diseluruh Indonesia, saya jawab saya bersedia.
  6. Saya ditanya apakah bersedia merahasiakan suatu kebijakan atau informasi penting agar tidak diketahui publik bila hal itu diminta dan dianggap perlu, saya jawab saya bersedia.
  7. Saya ditanya apakah saya akan mengkritik kebijakan pemerintah bila saya tidak setuju dengan kebijakan itu, saya menjawab, saya tidak akan mengkritik.

Itulah beberapa pengalaman yang bisa saya sharing. Tentu saja itu pengalaman pribadi saya ketika interview dulu.

Tips Agar Lolos Administrasi CPNS

Agar bisa lolos saya ingin menganjurkan dari hal yang dasar sekali dan sifatnya sangat subjektif (berdasarkan pengalaman saya).

  1. Kenali kementerian / lembaga / pemerintahan yang ingin dilamar. Apa tugas fungsinya, seberapa informatif kementerian tersebut, apakah rencana strategisnya dipublikasi, apakah hal hal terkait tusinya ter-update dan cukup informatif?
  2. Kenali jabatan yang ingin kamu lamar. Bagi yang belum tahu, pada saat melamar CPNS, peserta tidak hanya melamar tempat, tetapi juga jabatan dan departemen/bagiannya. Semisal : Analis Data Informasi (jabatan) pada Deputi Kedaulatan Kementerian Kelautan (penempatan – Kementerian). Kemudian pastikan jabatan tersebut merupakan passion kamu karena kamu harus memulai banyak hal dari kegiatan administratif yang mungkin belum berhubungan langsung dengan tugas kamu. Tidak apa-apa, harus memulai semuanya dari bawah. Biasakan untuk cermat dan selalu mengatur strategi.
  3. Setelah itu, rajinlah berlatih dari buku atau internet atau sumber lainnya seputar tipe soal seleksi awal untuk Seleksi Kompetensi Dasar (TWK, TIU dan TKP). Soal ini akan dikerjakan menggunakan komputer (sehingga kamu juga harus familiar dengan komputer). Biasakan untuk mengerjakan soal menggunakan waktu mundur karena simulasi itu akan membuat kamu dapat berlatih manajemen waktu. Kamu harus lulus dan harus menjadi sekian peserta terbaik agar dapat masuk ke seleksi berikutnya.
  4. Pada seleksi kompetensi bidang kamu harus sangat sangat memerhatikan jabatan yang kamu lamar. Browse peraturan dari Lembaga Administrasi Negara terkait jabatan yang kamu lamar sehingga kamu mempunyai gambaran kira kira seperti apa testnya. misalnya Test Jabatan Pranata Komputer akan terdiri dari tipologi network. Analis Kebijakan akan tdd undang-undang. Kamu bisa mengira-ngiranya melalui penjelasan dari peraturan LAN tadi.
  5. Tahap Mental dan Ideologi yang biasanya bekerja sama dengan tentara ataupun kementerian pertahanan akan menguji pengetahuan dan wawasan seputar Pancasila. PNS harus (HARUS!) sangat setia kepada ideologi Pancasila. Bahasan tentang kesetiaan itu akan dibahas terpisah karena pertanyaan kamu adalah tips untuk lolos seleksi. Namun yang terpenting, tunjukkan bahwa kamu setia kepada Pancasila.
  6. Tahap Wawancara adalah untuk mengetahui kemampuan personalmu, bagaimana kamu mengatasi hal hal yang sulit, bagaimana kecenderungan hubungan kamu terhadap organisasi dan lain lain. Kamu dapat mempersiapkan dengan materi yang ada di internet atau buku-buku. Saya lihat tipe soalnya mendekati (saya tidak yakin akan ada soal yang sama dengan buku yang dijual / beredar di internet)
  7. Tahap kesehatan adallah untuk mengetahui kondisi fisik kamu. Pesan dari menteri di kementerian saya bernaung mengatakan bahwa pada zaman ini semua harus seimbang baik itu kecerdasan, kemampuan emosional maupun ketangguhan fisik.
  8. Tes psikologi untuk mengenal kepribadian kamu. Kamu mungkin harus bertemu psikolog untuk mendapatkan informasi tentang kepribadian kamu. Dengan mengenal diri sendiri, kamu bisa fokus ke hal yang paling kuat darimu atau kamu dapat melakukan strategi lain semisal menguatkan hal yang paling lemah dari diri kamu.
  9. Di atas semuanya itu, perhatikan instruksi dari kementerian / lembaga yang ingin kamu lamar, perhatikan persentase tahapan seleksi terhadap penilaian akhir, pastikan kamu lengkapi administrasi dan jangan malas untuk membereskan dokumen penting kamu.

Tips Agar Lolos Administrasi CPNS

Tidak semua tahapan akan sama dengan kementerian lainnya sehingga kamu harus cepat beradaptasi untuk membuat strategi jika ada tahapan lain yang ternyata berbeda dari yang saya telah sampaikan.

Rajinlah mencari informasi, ikutilah aturan yang ada, milikilah visi pribadi (kamu ingin melihat apa dari kementerian itu suatu saat nanti) dan berlatihlah.

Semoga kamu mendapatkan hasil yang terbaik dan semoga bisa membawa kantor pemerintahan yang lebih baik lagi di masa yang akan datang.

Leave a Reply